Sabtu, 21 September 2013

Sarana Bibliografi

Oleh Tekka Bancin
Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Sarana Bibliografi 
A. LAYANAN RUJUKAN & BIBLIOGRAFI 
Layanan rujukan dan bibliografi mencakup tugas-tugas dalam memberi bantuan supaya sumber-sumber yang terdapat di perpustakaan atau unit informasi lainnya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemustaka. Layanan Referen/rujukan merupakan layanan yang menjawab pertanyaan baik secara langsung, telepon/surat, layanan dengan cara menunjukkan dokumen, orang atau lembaga yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan.

B. FUNGSI KOLEKSI PERPUSTAKAAN 
1. Fungsi Pendidikan : untuk menunjang program pendidikansepanjang masa, yaitu koleksi-koleksi yang sesuai dan relevan untuk jenis dan tingkat pendidikan masyarakat pemakainya
2. Fungsi Rujukan/Referen: untuk memberi bantuan kepada pemakai dengan menyediakan sumber-sumber rujukan dan saarana bibliografi yang diperlukan dalam penelusuran informasi.
3. Fungsi Umum: berhubungan dengan tugas perpustakaan dalam menyediakan berbagai macam sumber informasi dari berbagai subjek/disiplin ilmu.

C. SUMBER INFORMASI 
1. SUMBER PRIMER:
Karya asli yang melaporkan hasil penelitian ilmiah, merupakan hasil pengamatan, diskripsi produk, dan menyiarkan hasil, kesimpulan dari suatu penelitian.
1. Majalah Ilmiah
2. Laporan Penelitian
3. Laporan pertemuan ilmiah/prosiding
4. Paten
5. Standart
6. Literatur Niaga
7. Tesis dan desirtasi doktor

2. SUMBER SEKUNDER:
disusun berdasrkan sumber-sumber primer, membantu mempermudah penelusuran sumber-sumber primer, disusun menurut pola tertentu agar mudah digunakan, pengetahuan yang didapat bukan pengetahuan baru melainkan pengetahuan olahan.
1. Indek dan abstrak
2. tinjauan Perkembangan
3. Survei literatur/ bibliografi subjek
4. buku-buku rujukan (ensiklopedi, kamus, buku pedoman, tabel=tabek,
5. Buku-buku Ilmiah (monograf, buku teks)

3. SUMBER TERSIER
merupakan kelompok sumber informasi yang kurang jelas batasannya, terutama cakupan subjeknya. Pada umumnya pendayagunaanya tidak memerlukan pengetahuan mengenai bidang ilmu tertentu sebagaimana dalam sumber primer atau skunder.Mencakup:
1. Almanak
2. Bibliografi, seperti:
a. Daftar Buku/Majalah
b. Katalog Induk Majalah
c. Daftar Indeks dan Abstrak
3. Pedoman Literatur
4. Daftar penelitian
5. Buku Petunjuk (Direktory)

D. POLA PENGGUNAAN LITERATUR 
-Pendekatan Mutakhir untuk Keperluan kemutakhiran dalam bidang spisialisasinya, juga untuk mengetahui perkembangan ilmu yang lebih luas tentang subjek tertentu. Untuk itu perlu misalnya:Majalah Inti, tinjauan Perkembangan, Majalah Sari (abstrak). -Pendekatan Sehari-hari Dalam pekerjaan sehari-hari seorang peneliti memerlukan data, fakta atau informasi dasar dengan cepat. Ensiklopedi, Kamus, dan Buku Pedoman (Handbook)
-PENDEKATAN MENYELURUH
Ketika baru memulai prenelitian, mereka perlu tahu apa saja yang pernah terbit tentang subjek tertentu. Untuk itu perlu sarana Bibliografi seperti majalah Indek dan sari, juga buku-buku ilmiah, teks dan monograf. Kegiatan menyeluruh ini perlu penelusuran Literatur. -MEMBACA-BACA Cara Pendekatan yang tidak berdasarkan rencana tertentu adalah Browsing. Pelayanan perpustakaan yang terbuka (open access) sangat membantu pendekatan ini.  
1. Kegiatan Pokok Layanan Referen
2. Memberikan informasi bersifat umum, baik mengenai hal-hal yang umum, mengenai perpustakaan maupun khusus mengenai pelayanan referensi-nya.
3. Memberikan informasi yang bersifat spisifik/khusus, yang untuk itu diperlukan bantuan koleksi referensi.
4. Memberikan bantuan menelusur informasi sampai ditemukan informasi yang dibutuhkan pemakai baik melalui koleksi referensi perpustakaan yang bersangkutan maupun perpustakaan yang lain.
5. Memberikan bantuan untuk menelusur bahan pustaka dengan menggunakan katalog, bibliografi, komputer dan alat-alat yang ada.
6. Memberikan pengarahan kepada pemakai untuk menemukan pokok bahasan tertentu
7. Memberikan bimbinan secara klasikal dan formal kepada pemakai tentang bahan pustaka, penggunaan dan pemilihan bahan pustaka yang tepat untuk mendapat informasi yang dibutuhkan.
 Kegiatan Penunjang Layanan Referen
1. Menjalin kerja sama yang baik dengan perpustakaan lain dalam rangka memberikan layanan jasa informasi, termasuk di dalamnya kegiatan pinjam antar perpustakaan (inter library loan).
2. Menyelenggarakan pendidikan secara formal dan klasikal untuk memberikan pengetahuan da ketrampilan kepada pemakai perpustakaan tentang penggunaan koleksi referensi, dan pemilihan bahan pustaka yang berbobot ilmiah.
3. Mempromosikan koleksi perpustakaan kepada umum dengan cara :
4. Menyelenggarakan Pameran perpustakaan kerja sama dengan penerbit
5. Menerbitkan Bibliografi Perpustakaan
6. Mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan statistik pelaksanan kegiatan pelayanan referensi -Membuat Indeks -Membuat Kliping -Membuat Abstrak -Membuat Koleksi Tandon (Reservation) -Membuat jajaran Vertikal (vertical File) -Memberikan bimbingan belajar khususnya pada perpustakaan-perpustakaan sekolah untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar.

E. FAKTOR KESUKSESAN LAYANAN REFEREN 
1. Kelengkapan Koleksi Koleksi referen yang layaknya dimiliki perpustakaan adalah sebagai berikut : -Kamus
-Ensiklopedi
-Buku Pegangan (handbook)
-Almanak
-Laporan Penelitian Ilmiah
-Directory -Katalog Induk
-Sumber Biografi
-Sumer Geografi
-Index dan Abstrak
-Buku Tahunan
-Kliping Artikel dan lain-lain

F. FAKTOR KESUKSESAN LAYANAN REFEREN 2 
1. Kemampuan Petugas Referensi -Wawasan dan Pengetahuan Umum -Pengetahuan tentang macam, cara dan penggunaan koleksi Referensi -Pengetahuan bidang perpustakaan -Kemampuan untuk memahami kebutuhan user -Kemampuan di bidang Teknologi nformasi (TI) -Kemampuan berkomunikasi dengan baik

G. SUSUNAN ENTRY BAHAN RUJUKAN 
1. ALPHABETIS: Contoh kamus, ensiklopedi
2. KLASIFIKASI: berdasarkan nomor klasifikasi subjeknya
3. KRONOLOGIS menurut waktu misalnya Outline sejarah
4. TABEL: seperti statistik 5. WILAYAH: seperti peta dan atlas

H. EVALUASI BAHAN RUJUKAN 
1. CAKUPAN
2. OTORITAS PENGARANG
3. PENERBIT
4. KEMUTAHIRAN (TAHUN TERBIT)
5. SUSUNAN ENTRY
6. INDEK Dengan membaca Halaman Judul, kata pengantar, Isi, dan indeknya.

 I. BIBLIOGRAFI 
1. BIBLIOGRAFI SISTEMATIS Sebagai daftar enumarative/sistematical bibliografphy. 2. BIBLIOGRAFI ANALITIS meneliti buku-buku langka, sejarah pembuatan kertas, penulisan, Segi fisik: kertasnya, ilustrasi, penjilidan, teks dan huruf yang dipakai.
J. MACAM BIBLIOGRAFI
1. BIBLIOGRAFI UNIVERSAL mencakup semua terbitan, tidak terbatas pada subjek, daerah, waktu, bahasa, juga tidak terbatas pada bentuk terbitan.
2. BIBLIOGRAFI KHUSUS: SUBJEK
3. BIBLIOGRAFI NASIONAL bahan-bahan yang diterbitkan disuatu negara/daerah, atau diterbitkan dalam satu bahasa. SIFAT:
1. CURENT
2. RETROSPEKTIF DAN
3. SELEKTIF YANG DICATAT DALAM BIBLIOGRAFI : BUKU DAN BAHAN NON BUKU
4. TRADE BIBLIOGRAPHY bibliografi perdangan, komersial: merupakan output dari sutu negara atau lebih, mencakup buku-buku yang inprint
5. BIOBIBLIOGRAFI, yaitu daftar buku-buku yang dirancang oleh dan tentang orang tersebut.Terbitan-terbitan mengenai perorangan atau daftar yang ditulis oleh orang lain.
6. BIBLIOGRAFI OF BIBLIOGRAFI :
daftar dari bibliografi yang mencakup seluruh terbitan di dunia. Contoh A World bibliography of bibliographic Menurut UNESCO Jenis Bibliografi ada:
1. Bibliografi Umum: buku, pamflet yang dijual di tiap negara, terbitan perguruan tinggi, terbitan pemerintah 2. Bibliografi Buku dan pamflet yang tidak dijual
3. Indek artikel majalah
4. Bibliografi peta dan atlas
5. Bibliografi karya Musik
6. Bibliografi Bahan non buku
7. Bibliograi karya perguruan tinggi yang tidak diterbitkan
8. Bibliografi terbitan pemerintah
9. Direktory majalah dan harian yang mutahir
10. Direktory penerbit dan toko buku
11. Direktory lembaga ilmiah, perpustakaan dan sejenisnya

K. EVALUASI BAHAN RUJUKAN 
1. Outoritas:pengarang/editor/penyusun, Ket.penerbitan.
2. Judul, anak judul, Judul Seri (kalau ada)
3. Cakupan
4. Susunan Entry
5. Indek
6. Contoh Entry dan cara menelusur

L. TUJUAN PENYUSUNAN BIBLIOGRAFI 
1. Untuk menyusun bibliografi tentang subjek tertentu
2. Untuk keperluan promosi
3. Untuk Keperluan karya tulis
4. Untuk keperluan khusus
5. Atas permintaan pejabat untuk maksud tertentu

M. SUMBER BIOGRAFI 
Buku yang berisi riwayat hidup orang (biasanya tokoh-tokoh penting) Contoh: Apa dan Siapa di Indonesia, Who’s who in the world, Who was who in American History Contoh Gambar Bibliografi
saranabibliografi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar