Rabu, 04 November 2020

Contoh Skripsi

 BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologiinformasi dan komunikasi pada saat sekarang ini sangat dibutuhkan karena dapat mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi masyarakat dapat mencari informasi dengan cara berkomunikasi.Dari masa ke masa perkembangan alat teknologi komunikasi semakin berkembang, mulai dari surat, SMS(ShortMessengerService), telepon,faksimile, sampai yang kinibanyak diminati adalah internet. Salah satu aplikasi komunikasi yang paling sering digunakan adalah aplikasi chatting. Dengan adanya aplikasi chatting, masyarakat dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja dalam waktu yang cepat.Saat ini teknologi informasi dan komunikasi juga sangat berpengaruh di bidang pendidikan salah satunya pada perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah merupakan suatutempat di manapara siswa dan guru dapat memperoleh informasi dan pengetahuan. 

Perpustakaan juga merupakanfasilitas yang disediakan oleh sekolauntuk mendukung proses pengajaran dan pembelajaran melalui penyediaan bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan kurikulum sekolah. Keberadaan perpustakaan sangatlah membantu dalam meningkatkan pengetahuan bagi para guruserta siswa disekolah. Pada saat sekarang ini masih ada perpustakaan yang belum menggunakan teknologi informasi dalam menangani permasalahan-permasalahannya. Salah satunya adalah perpustakaan di SMK Negeri 9 Medan yang menjadi studi kasus pada penelitian skripsi ini.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Medan merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan yang berdiri padatahun 1997 yang beralamat di JalanPatriot No. 20 A Kecamatan Medan Sunggal Koda Medan Provinsi Sumatera Utara. Pada lingkup perpustakaan SMK Negeri 9 yang dikelola oleh sekolah memiliki koleksi buku lebih dari1000 (seribu) judul buku pada masing-masing kategori yang tersusun di dalam rakbuku sesuai nomor yang tercantum pada rak buku. Saat ini sistem informasi yang digunakan pada perpustakaan SMK Negeri 9 masih menggunakancara kerja manualdalam melakukan pencarian bukupada perpustakaan

Cara kerja yang masih manual tersebut menjadikannya kurang praktis dalam mengetahui informasi ketersediaan bukupada perpustakaan. Karena sistem yang masih manual tersebut, guru dan siswa terlebih dahulu harus datang ke perpustakaan untuk melakukan pencarian informasi bukuyang ingin dicari.Ketika guru dan siswa mencari buku di perpustakaan, terkadang buku yang dicari tidak tersedia dan membuat waktu terbuang percuma. Selain itu para guru dan siswajuga memiliki kesibukan lainsehingga tidak sempat untuk mengunjungi perpustakaan bila ada bukuyang ingin dicari.

Untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah para siswa dan guru dalam mengetahui informasi ketersediaan buku pada perpustakaan. Maka dirancanglah sebuah aplikasi pengiriman pesansebagai solusi atas permasalahan yang ada pada perpustakaan dan mempermudah dalam mengetahui informasi ketersediaan buku bagi siswa serta guru di SMK Negeri 9 Medan. Dengan adanya aplikasi pengiriman pesan (chatting), para siswa maupun guru tidak harus ke perpustakaan terlebih dahulu dalam mencari informasi ketersediaan buku, para siswa dan guru bisa menanyakan terlebih dahulu informasi buku yang ada pada perpustakaan dengancara berkomunikasi dengan administrator ataupun petugas perpustakaan.

Berdasarkan uraiandi atas,maka Penulis tertarik melakukan penelitian skripsi yang berjudul“Rancang Bangun Aplikasi Pengiriman Pesan Pada Jaringan Komputer Berbasis JavaPadaPerpustakaan SMK Negeri 9 Medan”.Agar dapat mempermudah siswa dan guru dalam mengetahui informasi ketersediaan buku pada perpustakaan.

1.2 Perumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka Penulis dapatmerumuskanbeberapa permasalahan yang terjadi padaperpustakaan, diantaranya sebagai berikut :

1.Sulitnya para siswa dan guru dalam mengetahui informasi ketersediaan buku pada perpustakaan. 

2.Bagaimana merancang sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi ketersediaan buku pada perpustakaan ?

3. Bagaimana merancang aplikasi pengiriman pesan pada perpustakaan berbasis java?

41.3 Batasan Masalah 

Berdasarkan latar belakang masalah dan rumusan masalah di atas, maka Penulis merasa perlu memberikan batasan masalah sebagai berikut :

1.Aplikasi dirancang menggunakan bahasa pemrograman java, desain tampilan program dibuat menggunakan aplikasi editorNetBeans IDE, dan database MySQL pada aplikasi XAMPP sebagai data base servernya.

2.Jenis jaringan komputer yang digunakan pada penggunaan aplikasi pengiriman pesan pada perpustakaan ini yaitu menggunakan jaringan komputer berbasis client dan server. 

3.Aplikasi ini hanya sebatas berkirim pesan saja, tidak menampilkan data buku yang ada pada perpustakaan.

1.4 Tujuan Penelitian 

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

1.Merancang sebuah aplikasi Pengiriman Pesan Pada Jaringan Komputer Berbasis Java di Perpustakaan SMK Negeri 9 Medan. 

2.Membangun aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi ketersediaan bahan pustaka pada perpustakaan SMK Negeri 9 Medan.3.Membangun aplikasi yang dapat mempermudah para guru maupunsiswa dalam berkomunikasi dengan admin atau petugas perpustakaan mengenai informasi buku yang ada pada perpustakaan.


BAB II

LANDASAN TEORI

2.1Definisi Sistem Informasi

2.1.1 Pengertian Sistem Informasi 

Menurut Sutabri (2016), mengemukakan bahwa Sistem Informasi merupakan suatu sistem di dalam sebuah organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial.(Adiguna, Saputra Chandra, & Pradana, 2018) 

Menurut O’Brien dan Marakas (2010:4), menjelaskan Sistem Informasi merupakan kombinasi yang terorganisir antara pengguna, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komunikasi, sumber daya datakebijakan prosedur yanmenyimpan, mengambil, mengubahdan berbagi informasi pada sebuah organisasi. (Pahlevi, Mulyani, & Khoir, 2018) 

Menurut Oetomo (2002:11) mendefinisikan bahwa “Sistem Informasi adalah suatu perpaduan dari elemen yang saling berkaitan satu sama lain yang membentuk suatu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses, serta menyimpan, dan mendistribusikan informasi”.(Andi Setya Wardana, Heru Susilo, 2015).

2.1.2 Komponen Sistem 

InformasiJohn Burch dan Gary Grudnitski dalam Jogiyanto H.M (2005:12) mengatakan sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut dengan istilah blok bangunan (building block) yaitu : (Yusri, 2015) 

a. Blok Masukan (Input Block)

Inputmewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Inputdisini termasukmetode-metode serta media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang bisaberupa dokumen-dokumen dasar.

b. Blok Model (Model Block)

Inputini terdiri dari kombinasi prosedur, nalar, serta contohmatematik yang akan memanipulasi data inputdan data yang tersimpan di basis data menggunakan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan sebuah keluaran yang diinginkan.

c. Blok Keluaran (Output Block)

Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang bermanfaatuntuksemua tingkatan manajemen dansemua pemakai sistem.

d. Blok Teknologi (Technology Block)

Teknologi digunakan untuk menerima input,menjalankan model, menyimpan sertamengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran sertamembantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.

e. Blok Basis Data (Database Block)

Basis data (database)merupakan suatu kumpulan dari data yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya, yang tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.

f. Blok Kendali (Control Block)

Banyak hal yang dapat merusak sebuah sistem informasi, seperti bencana alam, api, temperatur, air,debu, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan, ketidakefisienan, dan lain sebagainya.

2.2 Definisi Rancang Bangun

Menurut Bambang (2013:27), mengemukakan bahwa “Rancang Bangun merupakan suatu proses pembangunan sistem untuk membangunsebuah sistem yang baru juga mengubah atau memperbaiki sistem yang sudah ada baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian”. (Sari, 2017) 

Menurut Jogiyanto (2005),mengemukakan bahwa Rancang Bangun merupakan tahap dari analisis siklus pengembangan sistem yang merupakan pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional, serta mendeskripsikan bagaimana suatu sistem dibentuk yang bisa berupa penggambaran, perencanaan sertapembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi, termasuk menyangkut pengkonfigurasian dari komponen-komponen perangkat keras dan perangkat lunak dari suatu sistem.(April Lia Hananto, 2017)

2.3 Definisi Aplikasi 

Menurut Jogiyanto Aplikasi merupakan penggunaan pada suatu komputer, instruksi (instruction), atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.(Zulfauzi, 2015)

Menurut Asropudin (2013:6), mengemukakan bahwa Aplikasi merupakan software atau perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, misalnya Microsoft Worddan Microsoft Excel.(Maiyana, 2018)

Menurut Nugroho (2007:17), Desktop merupakan halaman yang letaknya paling depan dari Sistem Operasi Windows, saat menghidupkan komputer, halaman utama yang ditemui setelah booting selesai adalah desktop.(Sofian & Tumiran, 2015)

2.4 Definisi Pengiriman Pesan 

Pengirim pesan instan atau pengolah pesan cepat (umumnya disebut dengan IM atau Instant Messenger)ialah perangkat lunak yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat (instanmessaging),suatu bentuk komunikasi secara langsung antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks dikirim melalui personal komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan, misalnya Internet. Setelah penggunaan surel (email) yang mengubah cara orang berkomunikasi dari cara konvensional untuk mengirimkan surat, teknologi pengiriman pesan singkat (instant messaging)diciptakan untuk menutupi kelemahan surel yang kadang-kadang kurang cepat dan tidak waktu nyata (real-time).

2.5 Definisi Jaringan Komputer

2.5.1 Pengertian Jaringan Komputer 

Menurut Gufron (2013), menjelaskan bahwa Jaringan Komputer merupakan hubungan antara dua buah komputer atau lebih menggunakan media transmisi kabel (wired)atau udara (wireless)yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data atau berbagi (sharing)perangkat lunak dan perangkat keras.(Gufron, 2016)

Dalam membangun sebuah jaringan komputer, perangkat minimal 2 unit komputer. Kartu jaringan (Network Interface Cardatau NIC) atau sering disebutLocal Area NetworkCard (LAN Card)pada setiap komputer.

a. Media koneksi atau transmisi, yang akan menghubungkan kartu jaringan antara satu komputer dengan komputer lainnya, biasa disebut sebagaimedium transmisi data dan bisaberupa kabel maupun nirkabel.

b. Aplikasi sistem operasi jaringan atau Network Operating System Software (NOSS)untuk melakukan pengelolaan sistem padajaringan komputer yang dibangun.

c. Jika jaringan yang akan dibangun semakin luas jangkauannya, maka dibutuhkan perangkat interkoneksi seperti hub, bridge, switch, router,dan gateway.

Tipe jaringan yang digunakan dalam pembuatan aplikasi pengiriman pesan pada perpustakaan ini menggunakan jaringan client server.

2.5.2 Jaringan ClientServer

Server merupakan sebuah komputer yang menyediakan layanan bagi komputer-komputer di dalam suatu jaringan. Sementara Client merupakan sebuah komputer yang menerima atau menggunakan layanan yang disediakan oleh komputer server.

Beberapa kelebihan dari jaringan client server adalah :

a. Kecepatan akses yang lebih tinggi karena fasilitas jaringan dan pengelolaanya disediakan dan dilakukan secara spesifikoleh sebuah komputer yang bekerja sebagai serverdan tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstationatau client.

b.Pengelolaan dan administrasi jaringan serta keamanan jaringan dapat dilakukan denganbaik, karena ada seorang pemakai (user)yang menjadi administrator jaringan, dengan tugas mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.

c.Semua data yang digunakan dalam jaringan dapat dibuatkan cadangannya (backup)denganbaik, karena dapat dilakukan secara terpusat di komputer server.

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1 Waktu dan Tempat Penelitian

Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 25 November 2019 sampai dengan tanggal 30 November 2019. Tempat penelitian ini dilakukan di Perpustakaan SMK Negeri 9 Medan.

3.2 Tahapan PenelitianBerikut adalah tahapan dari penelitian perancangan Aplikasi Pengiriman Pesan Berbasis Java Pada Perpustakaan SMK Negeri 9 Medan yang dilakukan untuk kebutuhan penelitian.

Gambar 3.1 Tahapan Penelitian


3.3 Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data yang digunakan untuk perancangan aplikasi pengiriman pesan pada perpustakaan berbasis javaini adalah sebagai berikut : 

1.Studi Pustaka (Library)

Metode ini memperoleh informasi dengan cara mengumpulkan referensi-referensi yang berkaitan dengan masalah yang dibicarakan sebagai landasan teori serta dasar pedoman pembuatan laporan dari berbagai buku, ebook, maupun website e-library yang telah dibuat untuk penunjang penelitian ini.

2.Wawancara (Interview)

Metode ini memperoleh informasi dengan melakukan wawancara secara langsung kepada admin atau petugas perpustakaan untuk memperoleh informasi tentang perpustakaan SMK Negeri 9 Medan.

3. Pengamatan (Observasi) 

Metode ini dilakukan dengan observasi langsung ke lapangan dengan cara melakukan pengamatan langsung ke perpustakaan SMK negeri 9 medan sebagai objek penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar