Sabtu, 22 Februari 2014

Ciri ciri orang munafik

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita pernah mendengar kata "Munafik" yang diucapkan orang. Kata munafik ini ditujukan pada mereka yang telah melakukan hal yang buruk. Namun tidak semua orang bisa dikatakan munafik. Rasulullah Saw Bersabda:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَاللَّفْظُ لِيَحْيَى قَالَا حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو سُهَيْلٍ نَافِعُ بْنُ مَالِكِ بْنِ أَبِي عَامِرٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ 

Artinya :
Hadis riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, ia berkata:
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Ada tiga tanda orang munafik; apabila berbicara ia berbohong, apabila berjanji ia mengingkari dan apabila dipercaya ia berkhianat  
Keterangan Hadis :
  1. hadits Marfu'
  2. Nomor : 89
 Selain hadits diatas Al-Qur'an juga menjelaskan tentang orang "munafik" dalam Surah Al-Baqarah Ayat 8-20 Tentang Golongan Munafik. Anda bisa membacanya sendiri dalam Al-Qur'an tentunya untuk lebih jelasnya dan lebih nudah memahaminya. Belakangan ini banyak orang mengatakan munafik tapi dalam penempatan yang salah. Pengetahuan yang kurang sering menyebabkan kesalahan tersebut. Karenanya, kenalilah ciri-ciri orang munafik berikut ini ;

1. Berdusta atau Berbohong
  Orang Munafik adalah orang yang selalu berkata dusta atau bohong pada orang lain. Perkataannya tidak dapat dipercaya sebab seringkali yang dikatan berbeda dengan kenyataan. Orang-orang yang sering berbohong demi keuntungan dan kepentingan Pribadi Adalah orang Munafik.

2. Suka Ingkar Janji
Orang yang munafik adalah orang yang suka ingkar janji. Apabila ada orang yang berjanji namun tidak menepati janjinya itu adalah tanda bahwa ia munafik. Terlebih lagi jika ingkar janji dan itu dilakukannya setiap kali ia berjanji. Teman-teman pembaca Jangan sampai terjebak dengan orang yang seperti ini karena hanya akan membuat kecewa.

3. Bersumpah Palsu
Ciri orang munafik adalah bersumpah palsu. Oang munafik biasanya akan selalu menutupi kesalahannya yang pernah dia lakukan. Sumpah palsu ini berasal dari kebiasaan bohongnya, jika anda tidak ingin menjadi orang yang munafik maka jangan pernah lakukan berbohong.

Ciri orang yang munafik adalah senang melihat orang yang susah, susah bila melihat orang lain senang. Orang munafik akan terlihat sedih saat melihat orang lain susah, tetapi didalam hatinya dia tertawa sifat ini biasanya erat dengan sifat iri hati. Jika tidak ingin menjadi orang munafik, Maka buanglah sifat iri hati itu.

5. Menyebar Berita Bohong
Ciri orang munafik adalah suka menyebar berita bohong untuk membuat kehebohan. Biasanya orang munafik sangat suka Membesar-besarkan kesalahan orang lain namun menutupi kesalahannya. Disaat orang lain melakukan kesalahan dia langsung menyebarkannya sehingga menjadi berita heboh.

Ciri orang yang muanafik adalah berkhianat. Salah satu perbuatan berkhianat adalah melakukan tindakan korupsi. Menggelapkan uang rakyat untuk kepentinga sendiri/pribadi adalah salah satu contoh nyata dari pengkhianatan terhadap orang banyak. Kepercayaan rakyat dibalas dengan penghianatan, dan ini adalah salah satu tergolong orang Munafik.

Itulah beberapa ciri-ciri orang munafik secara umum. Jika kamu melihat orang dengan ciri-ciri tersebut, sebaiknya berhati-hatilah. Sebab berdekatan dengan orang yang munafik akan menimbulkan fitnah dan berdampak hal yang negative untukmu. Semoga kita semua terhindar dari orang-orang yang Munafik dan selalu senantiasa dalam perlindungan Allah Swt, demikian sedikit sharing yang saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua yang mebacanya.

Oleh :
Tekka Bancin
Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan
Universitas Islam Negeri alauddin Makassar
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar